Tuesday, July 4, 2017

PELEPASAN MAHASISWA KKA-PPL INTERNASIONAL di THAILAND

Hari ini Selasa tanggal 04 Juli 2017 Rektor Universitas Muhammadiyah Kendari dengan resmi melepaskan 15 Orang mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMK untuk mengikuti program KKA-PPL Internasional di Songkla, Thailand Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh segenap pimpinan Universitas yang terdiri dari Kepala Lembaga, Dekan dan Ketua Program Studi Lingkup Universitas Muhammadiyah Kendari.

Pada kegiatan tersebut kepala Lembaga Kerjasama Nasional dan Internasional Bapak Dr. H. Muhammad Anas, M.Si menyampaikan bahwa  kegiatan ini dilaksanakansebagai salah satu misi UMK dalam rangka pengembangan Universitas menuju World class University dan juga sebagai wadah  menimba pelajaran/pengalaman bagi mahasiswa kita untuk belajar dan juga membangun jaringan  di luar negeri, lanjut beliau menyampaikan bahwa kegiatan  ini akan menjadi pengalaman pertama bagi UMK, sehingga kegiatan ini merupakan pionir bagi UMK di level yang lebih mendunia.

15 mahasiswa ini akan didampingi oleh pejabat UMK diantaranya Rektor UMK, Dekan FKIP, Ketua Program Studi PG-PAUD dan Dosen Pembimbing Lapangan, dalam perjalanan ke Thailand akan bersilaturahmi dengan perguruan tinggi yang berada di Malaysia dan Thailand, Rektor UMK Bapak Muhammad Nur, S.P.,M.Si  berharap dengan kunjungan pimpinan di  beberapa tersebut  dapat meningkatkan kerjasama UMK. 

Pada Sambutan Rektor UMK Muhammad Nur, S.P., M.Si menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan yang pertama adalah mahasiswa-mahasiswa yang akan berangkat adalah orang pertama yang akan membawa nama UMK keluar negeri, karena orang yang pertama yang akan berangkat membawa UMK sebaiknya memberikan kesan yang terbaik ketika berada di luar negeri, karena pada prinsipnya mahasiswa berada di luar negeri juga membawa nama bangsa Indonesia.

Agar mahasiswa dapat berkiprah dengan baik di tempat pelaksanaan KKA-PPL, maka mahasiswa di himbau agar tetap mempersiapkan bekal  dengan sebaik mungkin, karena tanpa bekal yang baik maka pasti kita akan lemah dalam melaksanakan pengabdian selama berada di Thailand, tempatkan posisi anda sebagai kaum muhajirin, karena tempat melaksanakan KKA-PPL anda adalah komunitas muslim, dengan tekad anda berangkat dari sini dapat tercapai, saat disana kenalilah budaya mereka.

Rektor UMK pun turut menyampaikan nasehatnya “ Kami berharap mahasiswa yang melaksanakan KKA-PPL di Thailand setelah menyelesaikan studi  UMK dapat diterima bekerja di Thailand, karena selain belajar di Thailand juga dapat memperluas jaringan diluar negeri termasuk jaringan untuk mudah mendapatkan pekerjaan. 

Mahasiswa nantinya akan ditempat di tiga sekolah yang berbeda, mahasiswa dapat mengevaluasi programnya sebelum melakukan istirahat, sehingga program kerjanya dapat terlaksana dengan baik.

0 comments:

Post a Comment