Friday, April 29, 2016

NUDC sekali lagi membuktikan kualitas mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UMK No.1 di SULTRA

NUDC yang merupakan singkatan dari National University Debate Championship adalah kegiatan tahunan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi yang telah menjadi ajang positif bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa dan budaya. Kegiatan ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu 1)Tingkat Perguruan Tinggi dimana Perguruan tinggi melaksanakan seleksi untuk menentukan 1 (satu) tim terbaik. Satu tim terdiri atas 2 mahasiswa sebagai debater dan 1 (satu) mahasiswa/dosen di perguruan tinggi 2)Tingkat Wilayah yaitu Seleksi tingkat wilayah diikuti oleh 1 (satu) tim terbaik dari masing-masing perguruan tinggi di wilayah dan akan menentukan 8 (delapan) tim terbaik. Tingkatan wilayah diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah IX di Makassar pada bulan April 2016 yang diikuti lebih dari 30 Perguruan Tinngi se Kopertis Wilayah IX Sulawesi. 3) Tingkat Nasional merupakan seleksi tingkat nasional akan diikuti oleh Tim terbaik di masing-masing Wilayah I s.d. XIV yang berjumlah 110 Tim. Seluruh tim berjumlah 330 orang yang terdiri atas 220 mahasiswa debaters dan 110 orang N1 adjudicators.

(Dari kiri ke kanan) Hendrik, Ikhsan, Mr. Rahmat Nasrullah
Pada NUDC Tingkat Kopertis Wilayah IX Sulawesi, peserta dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Kendari melewati proses persaingan yang sangat ketat, mulai dari babak penyisihan pasangan Ikhsan dan Hendrik telah berhasil mengungguli Universitas Halu Oleo (UHO), kemudian melaju ke babak 32 besar dan kembali berhasil mengungguli UIN Makassar. Setelah melewati 2 babak sebelumnya Pasangan Debaters bersaing kembali dengan 16 universitas yang terbagi dalam 4 group dan mereka berdua kembali menduduki posisi juara 3 pada groupnya yang menjadi penentu masuknya ke 8 besar untuk kemudian mewakili kopertis wilayah IX pada tingkat Nasional di Jakarta. dari 4 group atau 16 tim yang bersaing tersebut tim Ikhsan dan Hendrik berhasil menduduki peringkat ke 9, ini memberi kebanggaan dan motivasi tersendiri bagi civitas akademi Universitas Muhammadiyah Kendari khususnya Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) bahwa melalui ajang ini PBI mampu membuktikan kualitasnya, tidak hanya kemampuan berbahasa inggris yang mumpuni tapi juga wawasan yang luas yang dimiliki oleh mahasiswanya. Pencapaian ini membuat takjub panitia dan juga peserta yang mengikuti NUDC ditingkatan wilayah Kopertis Wilayah IX, bagaimana tidak Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMK untuk kedua kalinya mengikuti NUDC tingkat wilayah ini dan dari pengalaman pertama, tim yang didampingi oleh Bapak Rahmat Nasrullah, S.S.,M.Hum selaku dosen Pendamping mampu melaju sangat cepat mengungguli universitas-universitas yang terlebih dahulu mengenyam pengalaman NUDC.

Mr. Comet sapaan akrab dosen yang mendampingi 2 the best Debaters dari Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FKIP UMK menyampaikan kepada Ketua program Studi PBI untuk tidak lupa menyediakan anggaran untuk NUDC Nasional, karena sangat optimis tahun depan In sha Allah dari pengalaman kedua ini bisa mengantarkan Ikhsan dan hendrik kelaga Nasional.

0 comments:

Post a Comment